Motivasi

Apa yang paling membuatmu “bergairah” untuk mencapai tujuan ?

Apa yang paling membuatmu “bergairah” untuk mencapai tujuan ?

By : Andra Donatta

_____________________________________________________________________________________________________

Apa yang paling membuatmu “bergairah” untuk mencapai tujuan ? Untuk menjawab pertanyaan ini, saya akan gunakan analogi yang sederhana. Bagi anda yang hobbi naik gunung, semakin sering anda naik gunung, semakin anda mencari jenis jenis gunung yang lebih “menantang” untuk didaki. Semakin tinggi tingkat kesulitannya, justru semakin membuat anda tertantang dan bersemangat untuk mencapainya. Mulai dari persiapan yang lebih banyak, latihan yang lebih sering hingga proses mendaki yang membutuhkan waktu yang lebih lama. Ketika anda berhasil mencapai puncak gunung tertinggi, biasanya anda akan merayakan keberhasilan tersebut dengan berfoto, saling memberikan pelukan dan dukungan dan menikmati pemandangan yang indah dari puncak gunung tersebut.

Namun perayaan ini biasanya tidak berlangsung lama dan anda segera memutuskan untuk kembali menuruni gunung tersebut seiring dengan puncak kenikmatan yang berangsur angsur menurun. Hal ini pun juga terjadi ketika anda menginginkan sesuatu yang betul betul anda inginkan selama ini, ketika anda mendapatkannya, anda akan mengalami sebuah kepuasaan, rasa bahagia dan seluruh perasaan menyenangkan lainnya. Namun hal tersebut biasanya tidak berlangsung lama, dan seiring berjalannya waktu, level puas anda mulai menurun kembali.

Jadi, apa yang membuat seseorang bergairah untuk mencapai tujuan adalah ketika tujuan itu belum dicapainya. Saat ia berhasil mencapainya, maka secara umum tingkat gairah itu akan menurun. Maka gairah muncul justru bukan pada tujuannya, namun pada prosesnya. Saat manusia masih memiliki harapan yang tinggi pada sebuah tujuan yang ingin dicapainya, disitulah “api gairah” akan terus menyala untuk mendorong seseorang melakukan upaya terbaiknya.

Itulah mengapa guru kita di sekolah dulu menyarankan untuk menggantungkan cita cita atau impian setinggi langit. Hal ini agar kita memiliki tujuan jangka panjang dan terus berupaya untuk mendekatkan diri kepada cita cita tersebut. Cita cita tersebut haruslah sesuatu yang sangat diinginkan dan kita percaya bahwa cita cita tersebut bisa dicapai. Itulah HARAPAN. HARAPAN adalah sebuah keyakinan yang kuat terhadap segala sesuatu yang kita inginkan dimasa depan, disaat yang bersamaan, kita meyakini bahwa kita mampu atau merasa berdaya untuk mencapainya.

Maka, bekerja adalah cara kita menjalani hidup, dan cinta adalah cara kita menikmati hidup. Namun harapan adalah alasan mengapa kita terus menjalani kehidupan.

Jika anda menyukai artikel ini, silahkan share dan semoga bisa memberi manfaat bagi banyak orang dan meningkatkan harapan orang orang yang membutuhkannya.

Andra Donatta

Personal Development Coach

Trainer Internal Kubik Training

Mentor TEMPA (Trainers Mentoring Program)

Silahkan kunjungi website saya untuk mendapatkan artikel, video dan audio lain di :

www.andradonatta.com

Follow juga sosial media saya di :

Youtube : AndraDonattaHope

Instagram : andradonatta

Fb fanpage : Andra Donatta

Twitter : @andradonatta

Linkedin : andra donatta

Tentang Penulis

Andra Donatta

Andra Donatta

Andra Donatta adalah seorang trainer profesional di bidang komunikasi dan pengembangan diri. Selain itu, Andra juga merupakan seorang penulis, entrepreneur, dan juga motivator. Andra saat ini berkarir sebagai trainer internal di KUBIK Training dan juga merupakan pembina di Young Trainer Academy.

Tinggalkan Komentar