Motivasi

Atasanmu Bukan Musuhmu

Survey membuktikan bahwa prosentasi tertinggi karyawan keluar dari perusahaan disebabkan oleh faktor atasannya. Diposisi kedua karena lingkungan dan deskripsi kerja, lalu diposisi ketiga dikarenakan upah atau hak yang didapat.

Kenyataan ini cukup mencengangkan saya, karena ternyata sebagian besar orang lebih memilih meninggalkan pekerjaan yang baik dengan upah kerja yang baik karena ada ketidakcocokan persepsi dengan atasannya. Hal ini menunjukkan faktor ketidaksukaan kita terhadap atasan dapat mempengaruhi peluang keberhasilan kita di perusahaan tersebut.

Faktanya, tidak setiap orang memiliki kebebasan untuk memilih atasan. Bahkan kecil peluangnya kita dapat mengubah atasan 100 persen sesuai keinginan kita. Nah, fakta itu tidak memberikan banyak pilihan bukan? Kalo pilihannya adalah dengan keluar kerja, adakah jaminan bahwa di pekerjaan yang baru kita akan menemukan atasan yang tepat ? Atau berapa persenkah kemungkinan kita bertemu dengan atasan yang sesuai keinginan kita ?

Jadi, bagaimana kalau mulai dari sekarang kita belajar menempatkan atasan bukan sebagai musuh, namun sebagai penyemangat usaha kita untuk berhasil. Saat kita bertemu atasan yang tidak mendukung kita, jadikan kenyataan tersebut sebagai ajang membuktikan diri kepadanya bahwa kita mampu menjadi orang yang bisa diandalkan dengan tetap santun menerima tugas tugas berat yang diberikan dan keikhlasan untuk melaksanakannya.

Saya percaya Tuhan tidak pernah kebetulan memberi kita atasan. Dibalik itu ada satu harapan Tuhan terhadap kita agar kita mampu menjadi pribadi yang berpikir besar.

Saya percaya keberhasilan seseorang bukan ditentukan oleh orang lain, tapi diri sendiri. Kitalah penentu kesuksesan kita. Apapun rintangan dari luar baik atasan, gaji maupun sistem yang tidak mendukung, jangan jadikan hal hal tersebut sebagai alasan kita untuk membatalkan kesuksesan kita. Hidup terlalu singkat untuk memikirkan hal hal yang tidak dapat kita rubah, maka berfokuslah untuk meningkatkan kemampuan diri agar kita layak diangkat menjadi atasannya atasan kita.

Sahabat komunikatif yang baik hatinya, ada suatu quote yang sangat dalam maknanya, bunyi nya seperti ini :

“Jika kau tidak menyukai dia, maka rubahlah dia dengan segala kemampuanmu. Jika kau tidak bisa mengubahnya, ubahlah cara pandangmu tentang dia dengan segala kesadaranmu.”

Semoga bermanfaat dan dapatkan artikel motivasi di www.andradonatta.com

Salam Komunikatif,

Andra Donatta

Tentang Penulis

Andra Donatta

Andra Donatta

Andra Donatta adalah seorang trainer profesional di bidang komunikasi dan pengembangan diri. Selain itu, Andra juga merupakan seorang penulis, entrepreneur, dan juga motivator. Andra saat ini berkarir sebagai trainer internal di KUBIK Training dan juga merupakan pembina di Young Trainer Academy.

Tinggalkan Komentar