Motivasi

Belajar dari Gelas

Setiap manusia pastilah ingin bertumbuh dan hal tersebut hanya bisa dilakukan melalui BELAJAR. Dari kecil kita sudah mulai belajar merangkak, berdiri, berjalan hingga berlari dan meloncat. Bahkan kita bisa belajar dari siapapun, walaupun ia lebih muda dari kita.

Saya belajar dari sahabat saya @DinarApriyanto pengarang buku “Belajar Cepat”. Walau ia lebih muda dari saya, namun saya banyak belajar darinya tentang proses belajar seseorang itu sendiri.

Ijinkan saya menceritakan sedikit apa yang saya dapatkan dari sahabat saya bahwa kita bisa belajar dari apapun yang terjadi didunia ini dan mencoba mengambil hikmah positifnya dan kali ini saya belajar dari “GELAS”. GELAS ibarat pikiran kita dan AIR ibarat ilmu yang bermanfaat.

  1. Gelas terbalik yang dituang air.

Dalam kondisi gelas terbalik, tentu saja air yang dituang tidak bisa masuk ke dalam gelas dan air tersebut akan tumpah disekitar gelas. Apa pembelajaran pertama dari gelas ini ?

Gelas pertama ini ibarat orang yang belajar dengan pikiran terbalik. Apa maksudnya? Ia melihat sesuatu secara terbalik, yaitu selalu melihat dari sudut pandang yang negatif. Maka ilmu sebaik apapun akan tumpah sia sia dan tidak masuk kedalam pikirannya karna ia berpikir secara terbalik alias selalu berpikir negatif.

  1. Gelas yang ditutup, tetapi dituang air.

Air yang dituang kedalam gelas tertutup tidak akan bisa memenuhi isi gelas dan hanya akan tumpah disekitar gelas. Apa pembelajarannya dari gelas kedua ini ?

Gelas kedua ini ibarat orang yang menutup diri dan tidak mau menerima masukan dari orang lain. Semua hal baik yang datang kepadanya akan mental dan sia sia karna ia menutup hati dan pikirannya terhadap hal baru yang positif.

  1. Gelas berlubang dan dituang air

Gelas ini memiliki lubang disisinya sehingga air yang dituang ke dalam gelas akan mengalir keluar lagi dan gelas tersebut tidak akan pernah terisi penuh. Apa pembelajarannya dari gelas ketiga ini ?

Gelas ketiga ini ibarat seseorang yang tidak mau tahu dan cuek. Apa yang masuk ditelinga kiri akan keluar di telinga kanan dan begitu juga sebaliknya. Ia tidak pernah benar benar mendengarkan sehingga apapun yang masuk ke dalam pikirannya, akan keluar lagi alias cuma mampir sebentar.

  1. Gelas yang sudah penuh air dituang air lagi.

Gelas yang sudah penuh dengan air, tetapi ditambah air terus, maka airnya akan meluap dan tumpah. Apa pembelajaran keempat dari gelas ini ?

Gelas keempat ini ibarat manusia yang sombong karna merasa ilmunya sudah banyak sehingga ia merasa tidak perlu lagi belajar dari siapapun. Akhirnya semua ilmu baik yang akan datang meluap lagi.

  1. Gelas berisi sedikit air dan dituang air.

Apabila air dituang ke dalam gelas yang berisi sedikit air, lama kelamaan air akan mengisi ruang kosong dalam gelas tersebut. Apa pembelajaran kelima dari gelas ini ?

Gelas kelima ini ibarat orang yang rendah hati dan merasa ilmunya selalu sedikit sehingga ia selalu ingin belajar ilmu baru dari siapapun maupun apapun.

Dari sekian tipe gelas ini, tipe yang manakah gelas anda ? Hanya anda yang bisa menjawabnya.

Salam komunikatif,

Andra Donatta | @andradonatta | www.andradonatta.com

Tentang Penulis

Andra Donatta

Andra Donatta

Andra Donatta adalah seorang trainer profesional di bidang komunikasi dan pengembangan diri. Selain itu, Andra juga merupakan seorang penulis, entrepreneur, dan juga motivator. Andra saat ini berkarir sebagai trainer internal di KUBIK Training dan juga merupakan pembina di Young Trainer Academy.

Tinggalkan Komentar