Motivasi

Jangan Atur Waktu

Apakah anda sering mendengar kalimat dibawah ini :

“Aku sibuk neh!”

“Gak punya waktu buat begituan deh!”

“Kerjaanku banyak neh, waktunya gak bakal cukup!”

Sebagian dari kita rela untuk menukar waktunya demi uang, namun sebagian lain rela menukar uangnya  yang dimiliki seberapa pun itu, untuk membeli waktu. Yah, waktu sekarang sangatlah mahal. Banyak orang berlomba lomba dengan waktu. Waktu sedetik pun menjadi sangat berharga.

Sahabat komunikatif, orang merasa sibuk dan tidak memiliki waktu bisa jadi karena dua hal yaitu memang banyak kerjaan sehingga membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya lebih lama, atau terlihat sibuk karena banyak menunda. Orang yang terlihat sibuk belum tentu produktif dan orang yang produktif belum tentu sibuk.

Bahkan ada sebagian orang yang merasa waktu berjalan begitu lambat, namun sebagian lain merasa sebaliknya. Bisa jadi orang merasa waktu berjalan lambat karena tidak mengisi waktunya dengan aktivitas yang produktif dan positif.

Sahabat, sering saya mendengar kalimat ini , “Ya kalau begitu, waktunya di manage dong, biar semuanya bisa selesai!”

Saya termasuk orang yang tidak setuju dengan “manajemen waktu” karena secara logika waktu yang diberikan Tuhan kepada semua makhluk di muka bumi ini sama, yaitu 24 jam. Kita tidak mungkin lagi mengatur waktu sesuai keinginan kita. Jam pagi, siang, sore dan malam sudah diatur Sang Maha Pencipta.

Saya lebih menyukai jika “manajemen waktu” diganti dengan “manajemen diri” karena bukan waktu yang kita atur, tapi diri kita yang kita atur disesuaikan dengan waktu yang sudah disediakan olehNya. Oleh karena itu bukan “lupa waktu” yang benar tapi “lupa diri”.

Lalu bagaimana kita bisa mengatur diri agar mampu memaksimalkan waktu agar lebih produktif ?

Sekaya apapun kita, mungkin kita mampu membeli jam tangan mewah, tapi tidak ada yang mampu membeli waktu walau sedetik. Untuk itu, waktu terbaik dalam hidup ini adalah SEKARANG.

“Yesterday is a memory, Tomorrow is a mystery and today is a GIFT”

Manfaat kan waktu yang ada didepan anda sekarang sebaik baiknya seolah olah tidak ada lagi hari esok. Waktu akan terus berjalan apapun kondisimu, maka kita akan tertinggal jika terus berdiam diri.

Sahabat, mari kita manfaatkan waktu hari ini hanya untuk melakukan kebaikan..kebaikan..kebaikan karena bisa jadi esok hari tidak akan menyapa kita kembali. Banyak orang berharap memiliki mesin waktu yang bisa membawanya ke masa lalu, tapi percayalah waktu hanya ditugaskan untuk membawamu ke masa depan saja.

“Walau waktu tidak bisa membawamu ke masa lalu, tapi waktu bisa memberimu kesempatan untuk mensyukuri hari ini”

Salam komunikatif,

Andra Donatta

Tentang Penulis

Andra Donatta

Andra Donatta

Andra Donatta adalah seorang trainer profesional di bidang komunikasi dan pengembangan diri. Selain itu, Andra juga merupakan seorang penulis, entrepreneur, dan juga motivator. Andra saat ini berkarir sebagai trainer internal di KUBIK Training dan juga merupakan pembina di Young Trainer Academy.

Tinggalkan Komentar