Motivasi

Pertanyaan yang memberi harapan

​PERTANYAAN YANG MEMBERI HARAPAN

By : Andra Donatta

____________________________

Pertanyaan seperti apakah yang memberi harapan? Sebelum saya jawab, simak dahulu cerita nyata berikut ini yang pernah diceritakan oleh guru saya mas indrawan nugroho. 

Tanggal 11 April 1970, NASA meluncurkan Apollo 13 sebagai misi pendaratan manusia di bulan yang ketiga kalinya. Tiga orang Astronot yang dikirim ke bulan dalam misi ini bernama Jim Lovell, Fred Haise, dan Jack Swigert. 56 jam setelah peluncuran, tangki oksigen Apollo 13 meledak di angkasa dan menghancurkan separuh dari pesawat. Ledakan itu sontak membuat semua orang kaget, termasuk mereka yang ada di mission control bumi di Houston, Texas. 

Jim, sang  komandan misi melaporkan situasi pesawat. “Oksigen berkurang dengan cepat”, “pesawat kita kehilangan daya”, “alat pengatur karbondioksida rusak”, “hampir semua alat di pesawat ini tidak ada yang berfungsi.” Jika Anda adalah Jim, Fred, dan Jack yang terjebak dalam pesawat naas itu, bagaimana respon Anda? Panik! Jelas. Dan itulah yang terjadi. Selama beberapa saat semua orang membeku, bingung tidak tahu harus berbuat apa. Ketakutan merasuki perasaan mereka, “kita akan mati disini”. Ditengah kepanikan itu, Gene Kranz, sang flight director di mission control bumi, mengajukan sebuah pertanyaan, “apa yang kamu punya di pesawat yang masih bekerja dengan baik?”. 

Pertanyaan sederhana itu membalikkan keadaan. Pertanyaan itu memberi mereka harapan.  Jika sebelumnya semua orang, baik astronot yang ada di pesawat atau tim flight control yang ada di bumi fokus pada masalah yang mereka alami, maka pertanyaan Gene Kranz membuat mereka fokus mencari solusi.  Ide liar terbesit. Sadar bahwa Lunar Module (bagian dari pesawat yang bisa dilepas dari pesawat utama untuk digunakan para astronot mendarat di bulan) masih bisa berfungsi dengan baik, maka mereka memutuskan untuk memanfaatnya sebagai kendaraan untuk kembali ke bumi. 

Setelah menghitung jalur trajectory terbaik menuju bumi, mereka menyimpulkan bahwa jika mereka cukup efisien menggunakan thrust (daya dorong untuk menyetir arah laju) dari Lunar Module, maka mereka bisa memanfaatkan daya gravitasi bumi untuk membawa mereka pulang. Bagaimana dengan masalah oksigen? Para astronot berhasil menemukan cara untuk mengkanibal beberapa komponen pesawat untuk dijadikan alat yang bisa memfilter kadar karbondioksida dan menjaga agar asupan oksigen cukup selama perjalanan. Pada jam 12 siang, tanggal 17 April 1970, Lunar Module Apollo 13 memasuki atmosfir bumi dan mendarat di lautan pasifik selatan. Ketiga astronot selamat. 

Nah, dari cerita diatas, pertanyaan seperti apa yang sebaiknya anda tanyakan dalam hidup anda yang menumbuhkan harapan?

Jika anda menyukai artikel ini, silahkan share dan semoga bisa memberi manfaat bagi banyak orang dan meningkatkan harapan orang orang yang membutuhkannya.

Andra Donatta

Personal Development Coach

Trainer Internal Kubik Training

Mentor TEMPA (Trainers Mentoring Program)

Silahkan kunjungi website saya untuk mendapatkan artikel, video dan audio lain di :

www.andradonatta.com

Follow juga sosial media saya di :

Youtube : AndraDonattaHope

Instagram : andradonatta

Fb fanpage : Andra Donatta

Twitter : @andradonatta

Linkedin : andra donatta

Tentang Penulis

Andra Donatta

Andra Donatta

Andra Donatta adalah seorang trainer profesional di bidang komunikasi dan pengembangan diri. Selain itu, Andra juga merupakan seorang penulis, entrepreneur, dan juga motivator. Andra saat ini berkarir sebagai trainer internal di KUBIK Training dan juga merupakan pembina di Young Trainer Academy.

Tinggalkan Komentar