Motivasi

Pokemon Go : Ketika fantasi menjadi nyata

​POKEMON GO : Ketika fantasi menjadi nyata

By : Andra Donatta

____________________________

Saat ini dunia game online sedang digandrungi dengan fenomena POKEMON GO. Sebuah permainan yang diciptakan oleh John Hanke yang membuat rekor baru dimana aplikasi ini telah didownload lebih dari 10 juta orang hanya dalam minggu pertamanya diluncurkan. Aplikasi ini mampu mengalahkan “daily user time” penggunaan facebook dan whatsapp. Artinya orang jauh lebih sering menggunakan aplikasi ini dibandingkan aplikasi lain yang mereka miliki. 

Lalu apa yang sebenarnya membuat aplikasi games ini menjadi menarik perhatian banyak orang? Salah satunya adalah pada sistem AR (Augmented Reality) yang diusungnya. Games ini mengkombinasikan antara sebuah fantasi dengan dunia nyata. Tugas pemain adalah mencari pokemon yang tersebar didunia nyata. Hal ini membuat pemain harus bergerak didunia nyata dan mengeksplorasi tempat tempat yang memungkinkan munculnya pokemon.

Terlepas dari pro dan kontra dengan munculnya games ini, saya tidak akan membahas tentang manfaat atau kerugiannya. Saya sendiri juga tidak memainkannya. Namun saya lebih tertarik membahas daya tarik games ini yang bisa kita ambil maknanya dalam kehidupan nyata kita. Yes kehidupan yang benar benar nyata.

Seperti yang saya sebutkan diatas, ternyata salah satu kekuatan pokemon go adalah kemampuanya menjadikan fantasi menjadi nyata. Lalu apa pelajarannya dari sini? Manusia cenderung lebih menyukai sesuatu yang tampak nyata. Manusia takut akan sesuatu yang belum terjadi atau belum mampu dibayangkannya. 

Nah, hal serupa juga terjadi dengan visi atau goal atau impian kita. Sesuatu yang kita inginkan dimasa depan, akan menjadi pendorong dan memberikan motivasi yang kuat untuk kita wujudkan apabila visi, goal atau impian kita tersebut tampak nyata dalam pikiran kita.

Berikut 3 hal penting yang harus diperhatikan agar visi tampak nyata, yaitu :

1. Visi harus dapat digambarkan secara visual (gambar). Visi tersebut harus memiliki bentuk, warna, ruang dll yang tampak nyata secara visual. 

2. Visi harus dapat dirasakan secara kinestetik. Bukan hanya sensing di permukaan kulit dll, namun bisa dirasakan secara feeling (perasaan damai, cinta, gembira , bahagia dll)

3. Visi harus dapat terdengar jelas dari suaranya. Anda bahkan mampu mendengar suara suara yang muncul dalam bayangan anda.

Semakin jelas ketiga hal penting ini dalam pikiran kita, semakin visi tersebut tampak nyata. Visi yang nyata tersebut mampu menumbuhkan HARAPAN seseorang dan harapan itulah bahan bakar hidupnya untuk terus berjuang menjalani kehidupan demi kualitas hidup terbaik yang diinginkannya.

Sudahkah anda memiliki visi hidup yang tampak nyata?

Jika anda menyukai artikel ini, silahkan share dan semoga bisa memberi manfaat bagi banyak orang dan meningkatkan harapan orang orang yang membutuhkannya.

Andra Donatta

Personal Development Coach

Trainer Internal Kubik Training

Mentor TEMPA (Trainers Mentoring Program)

Silahkan kunjungi website saya untuk mendapatkan artikel, video dan audio lain di :

www.andradonatta.com

Follow juga sosial media saya di :

Youtube : AndraDonattaHope

Instagram : andradonatta

Fb fanpage : Andra Donatta

Twitter : @andradonatta

Linkedin : andra donatta

Tentang Penulis

Andra Donatta

Andra Donatta

Andra Donatta adalah seorang trainer profesional di bidang komunikasi dan pengembangan diri. Selain itu, Andra juga merupakan seorang penulis, entrepreneur, dan juga motivator. Andra saat ini berkarir sebagai trainer internal di KUBIK Training dan juga merupakan pembina di Young Trainer Academy.

Tinggalkan Komentar