Motivasi

True Story from Hongkong

Satu waktu dari tanggal 26-30 Juli 2012, saya berkesempatan berkunjung ke Hong Kong untuk memenuhi undangan dari Dompet Dhuafa dalam rangka memberikan seminar motivasi bagi para Buruh Migran Indonesia (BMI) yang ada di Hong Kong.

Sehari sebelum mengisi training, saya menyempatkan diri untuk menyelami kehidupan para BMI di Hong Kong mulai dari berbuka puasa bersama para BMI di shelter mereka hingga ngobrol dengan beberapa BMI yang sedang asyik mengisi hari libur mereka di Victoria Park. Hal ini saya lakukan agar dapat merasakan bagaimana kehidupan sehari hari mereka disana.

Saat sedang mengunjungi Hong Kong Central Library, saya berkenalan dengan Cicip Ratna Ningrum, seorang mantan Buruh Migran Indonesia yang ketika saya temui sedang asyik membuka internet mencari beberapa informasi dan alhamdulilah ybs bersedia ditanya tanya dan bersedia kisah hidupnya saya ceritakan kembali agar bisa menjadi inspirasi positif bagi kita semua.

Cicip, biasa dia dipanggil adalah seorang wanita asal Pati yang ketika duduk di bangku SMP nekat untuk menjadi Buruh Migran di Hong Kong demi membantu keuangan keluarga yang tergolong pas pasan. Hanya berbekal doa tanpa kemampuan dan pengetahuan apapun, Cicip mengambil resiko untuk menghadapi hal hal baru.

Selama menjadi “pembantu” ia seringkali menghadapi perlakuan perlakuan dari majikan yang tidak semestinya. Mulai dari siksaan fisik, hilangnya hak untuk beribadah hingga harus tidur bersama anjing majikan. Hal ini dijalani selama kurang lebih 3 tahun.

Namun, Cicip bukanlah orang yang mudah menyerah dengan keadaan. Sambil bekerja, Cicip mencoba mencari informasi sekolah di koran “SUARA” dan menemukan iklan kejar Paket C. Bermodal uang tabungan hasil bekerja, ia sisihkan sebagian untuk ambil kejar Paket C dimana waktunya dilakukan seminggu sekali saat ia libur dari bekerja.

Ketekunannya membuahkan hasil. Cicip berhasil diterima untuk melanjutkan ke jenjang kuliah di Saint Mary’s University Hong Kong. Ia berusaha keras untuk menyisihkan kurang lebih 650 dollar Hong Kong setiap semesternya untuk membiayai sendiri kuliahnya.

Sekarang ia sudah tidak lagi bekerja sebagai buruh migran “pembantu” dan berganti profesi menjadi staff di perusahaan agensi. Aktivitasnya selain bekerja, ia juga sedang menyiapkan skripsi akhir nya. Sehari harinya ia tidur di kantor tempat ia bekerja atas kebaikan pemilik usaha tersebut.

Cita citanya sederhana, setelah lulus kuliah ia ingin kembali ke Indonesia dan berkumpul kembali bersama suami dan anaknya. Di Usia 26 tahun ini, ia ingin membangun usahanya kelak bersama suami di Pati dan menjadi entrepreneur mandiri yang mampu berdiri diatas kakinya sendiri.

Alhamdulilah saya diijinkan untuk mengambil video testimoni Cicip dan bagi anda yang ingin melihatnya silahkan klik link berikut di youtubehttp://youtu.be/9o8wA7HihgA

Ingin dapat artikel motivasi ? Kunjungi www.andradonatta.com

Salam komunikatif,

Andra Donatta

Tentang Penulis

Andra Donatta

Andra Donatta

Andra Donatta adalah seorang trainer profesional di bidang komunikasi dan pengembangan diri. Selain itu, Andra juga merupakan seorang penulis, entrepreneur, dan juga motivator. Andra saat ini berkarir sebagai trainer internal di KUBIK Training dan juga merupakan pembina di Young Trainer Academy.

Tinggalkan Komentar